kunci sukses keberhasilan PT Mayora Indah Tbk dalam bersaing, tentu saja
tak terlepas dari beberapa strategi yang di terapkan oleh pihak managemen
dalam mengatur strategi perusahaan mulai dari pemasaran, menghadapi
konsumen dan pesaing. Salah satu produk perusahaan yang sangat laku
dipasarana adalah kopi yang menjadi selera parakonsumen khususnya diindonesia.
PT.Mayora mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan
pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber
dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa
pasar dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat
melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan
terfragmentasi.
Sistem saluran seringkali berkembang agar dapat memenuhi peluang dan
kondisi pasar. Maka untuk mendapatkan efektivitas maksimum, analisis dan
pengambilan keputusan saluran distribusi harus lebih ditekankan pada tujuan.
Mendesain sebuah sistem saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan
konsumen. Mendesain saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang
diinginkan oleh berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.Pada kasus
PT.Mayora. PT.Mayora menjual energen kepada konsumen segmen 1 lewat perantara
rumah sakit. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan
sehat dikonsumsi ketika sakit. Pada konsumen segmen 2, PT.Mayora menjual
vitazone lewat perantara tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar